Rabu, 22 Februari 2012

MENCIPTAKAN RUMAH YANG AMAN BAGI BAYI

    Anda dapat membuat rumah Anda menjadi tempat yang aman bagi semua anak Anda yang masih berusia kecil dengan menghindari kesalahan-kesalahan yang umum dilakukan para orangtua.
 
Meninggalkan anak sendirian di bathtub
Di negara-negara maju seperti Amerika, separuh lebih dari semua anak di bawah usia sekolah dasar yanh tenggelam terjadi di bathtub. Kejadian berlangsung ketika orangtua meninggalkan kamar mandi untuk menerima telepon atau menerima kiriman pesanan. Ditinggal hanya beberapa saat atau sebentar saja dapat membuat anak tenggelam.

Menghidangkan makanan yang tidak aman
Kebanyakan kasus tersedak makanan disebabkan makanan berbentuk bulat, keras, gummy, yang dapat dengan mudah menyumbat jalan napas. Makanan-makanan yang harus dihindari adalah: kacang-kacangan (nut), buah anggur, permen keras, wortel, popcorn, hot dog, dan marshmallow.
 
Menggunakan bantal/kasur empuk
Bagi anak kecil, kasus mati lemas paling sering terjadi di lingkungan tidur. Anak membenamkan wajahnya ke dalam bantal, guling, quilt, atau boneka hewan isi busa atau kapuk yang lembut dan empuk, yang dapat dengan mudah menutupi mulutnya.
 
Minum kopi sambil gendong bayi
Luka bakar yang paling sering menimpa anak adalah lepuh tersiram air panas. Jangan minum kopi sambil menggendong bayi. Letakkan dulu bayi Anda.
 
Menggunakan alat bantu jalan – baby walker
Alat bantu jalan dapat menimbulkan masalah pada anak, mulai dari kepala terbentur di tembok atau bahkan jatuh terguling dari tangga. Jangan beli alat bantu jalan atau singkirkan dan taruh di gudang saja jika Anda sudah punya.

(sumber : AURA – Hal 7 / Edisi 22 / TH.VIII / Minggu ke-3 / 17 – 23 Juni 2004)

1 komentar: