Jumat, 13 Januari 2012

MAKANAN UNTUK KECANTIKAN

     Makanan yang kita makan bukan hanya dalam kesehatan, tapi juga dalam kecantikan. Menurut Suzi Grant dalam buku Alternative Ageing, mengkonsumsi makanan tertentu dapat membantu mengencangkan kulit, mengatasi selulit dan lain-lain. Berikut, makanan-makanan berkhasiat menurut Suzi dan ahli lainnya.


Mengencangkan kulit
•    Buah stroberi
kita semua punya radikal-radikal bebas di dalam tubuh. Zat kimia ini menyebabkan kerusakan karena memecah jaringan-jaringan kulit yang sehat. Akibatnya, kulit jadi kendur. Kabar baiknya, kita bisa mengatasi radikal-radikal bebas ini sebelum menyebabkan kerusakan. Caranya dengan mengkonsumsi makanan-makanan kaya antioksidan. Menurut Suzi, buah stroberi mengandung lebih banyak vitamin C dibanding jeruk dalam berat yang sama. Selain itu, stroberi juga kaya antioksidan lain yang sangat penting untuk kulit yang sehat. Untuk memperbanyak intake stroberi, buat smoothie untuk diminum saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Caranya, blender buah stroberi bersama yogurt. Buah berry lain yang juga bisa mengencangkan kulit adalah: blueberry, blackberry, dan raspberry yang juga kaya antioksidan.

Awet muda
•    Teh putih
Para ahli di Skin Study Center di University Hospital of Cleveland dan Case Westem Reserve University menemukan, ekstra teh putih dapat melindungi sistem imun kulit. Menjaga kulit tetap kenyal dan bersinar dan mencegah kanker kulit. Kita bisa mendapatkan khasiat ini dengan minum teh putih setiap hari atau seduh teh putih dalam air mendidih selama 5 menit. Biarkan dingin, lalu oleskan pada kulit di pagi hari dan malam hari.

Rambut tebal dan sehat
•    Udang dan kerang
Untuk mengatasi rambut kering dan kusam, coba makan udang dan kerang. Keduanya kaya protein kurus dan mineral seperti zinc dan B12 yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Begitu menurut David E. Bank, dalam buku Beautiful Skin: Every Women’s Guide to Looking Her Best at Any Age. Pada kenyataannya, salah satu tanda pertama kekurangan zinc adalah rambut rontok.
    Zinc dari sumber hewan lebih mudah diabsorp disbanding dari sumber sayuran. Kita tak akan kelebihan dosis jika mendapatkannya dari makanan.

Mengatasi varises
•    Blueberry
Varises, garis-garis biru atau ungu dengan simpul menonjol di kaki dapat dikurangi atau dicegah dengan makan ½ cup blueberry sehari. Blueberry mengandung flavonoid yang menguatkan dinding pembuluh-pembuluh darah di kaki. Selain itu, flavonoid juga bisa mengurangi produksi enzim di dalam tubuh yang memecah semen yang merekatkan pembuluh darah. Jika kadar enzim ini diturunkan, pembuluh-pembuluh darah berkemungkinan lebih kecil membesar, membengkak, atau terpelintir.

Mencegah kerut

•    Tomat
Krim pencegah kerut umumnya mahal. Tapi ada cara murah untuk mencegah kerut: makan tomat. Antioksidan lycopene di dalam tomat bukan hanya berkhasiat mencegah kanker, tapi para ahli baru-baru ini menemukan, lycopene juga dapat mencegah perubahan kulit yang tak menyenangkan, yang berkaitan dengan penuaan. Lycopene memberantas radikal-radikal bebas yang merusak kolagen penyangga kulit. Khasiat lycopene meningkat jika terdapat lemak dan jaringan kulit kita kaya dengan lemak.

Kulit halus tak berjerawat

•    Ubi jalar
Ubi jalar termasuk salah satu sumber beta karoten yang baik. Para periset menemukan, beta karoten dapat mengabsorp sinar yang merusak dari matahari dan melindungi kulit dari bintik-bintik penuaan.
    Selain itu, masih ada khasiat lainnya. Sesudah dicerna, tubuh mengubah beta karoten menjadi vitamin A, nutrien yang meningkatkan pertumbuhan kolagen.

Mengatasi wajah merah dan sembap
•    Salmon
Makan salmon 6 ons sekali dalam sehari selama 3 hari dapat secara dramatis mengurangi kemerahan dan sembap sehingga wajah dan tubuh menjadi lebih indah. Menurut ahli dermatologi Nicholas Perricone, M.D., dalam buku The Acne Prescription, salmon membantu mengeliminasi kantong di bawah mata. Salmon mengandung protein tinggi dan salah satu sumber makanan dari asam lemak omega-3. Berkhasiat menahan senyawa-senyawa inflammatory yang sering dilepaskan di dalam tubuh oleh lemak buruk omega-6 seperti minyak jagung dan minyak kedelai. Khasiat hebat lainnya dari omega-3 adalah, memanipulir zat kimia otak sehingga membangkitkan semangat.

Kulit indah bersinar
•    Zaitun
Zaitun adalah minyak zaitun mempunyai kandungan tinggi antioksidan dan kaya vitamin E yang sangat penting untuk perbaikan kulit dan jaringan-jaringan. Juga membantu membantu memperbaiki warna kulit. Menurut Suzi, nutrien ini terutama berkhasiat memerangi kulit kering yang sering dialami ketika usia menua. Kulit yang dilembabkan dari dalam tampak lebih indah. Khasiat yang sama juga didapatkan dari berry, avokad, dan brokoli karena laya antioksidan.

Senyum lebih cantik

•    Selada air
Sayuran salad ini mengandung semua mineral esensial yang diperlukan untuk tulang dan gigi yang sehat. Juga kaya dengan yang disebut vitamin P, sejenis bioflavonoid yang ditemukan dapat mengurangi penyakit gusi. Makan dengan ditambahkan pada salad, atau dilalap dengan sambal, atau sebagai garnish.

Menguatkan kuku
•    Mentimun
Kekurangan sulfur makanan sering merupakan penyebab utama kuku rapuh. Jika kuku Anda rapuh, mudah terbelah atau patah, dapatkan lebih banyak nutrien ini dari makanan. Salah satu makanan yang kaya sulfur adalah mentimun. Selain itu, menurut Suzi, mentimun juga mengandung silikon, mineral lain yang dapat mendorong pertumbuhan dan menguatkan kuku. Makanan lain yang juga dapat menguatkan kuku adalah anggur, brokoli, dan bawang Bombay.

Mengatasi selulit
•    Flaxseed
Minyak flaxseed adalah sumber yang kaya omega-3, asam lemak yang menguatkan setiap sel di dalam tubuh. Jika Anda ingin mengatasi selulit, menurut Suzi, Anda harus minum banyak air, menyikat kulit setiap hari (dalam keadaan kering) dan olahraga. Mengkonsumsi diet kaya omega-3 akan membantu tubuh menjadi lebih kebal terhadap selulit. Asam lemak ini menguatkan sel-sel kulit dan jaringan penghubung sehingga membantu memerangi selulit dari dalam. Di tanah air, minyak flaxseed agak sulit dicari. Sebagai pengganti, Suzi menganjurkan makan ikan berminyak (contohnya salmon), hazelnut, walnut, dan pecan.

Peremajaan kulit
•    Avokad
Salah satu cara untuk memanjakan kulit adalah facelift atau operasi plastic. Tapi ada cara yang lebih murah dan mudah untuk mendapatkan hasil yang sama tanpa rasa sakit atau resiko lainnya: makan avokad. Hasil riset menunjukkan, minyak di dalam avokad mengurangi kerut dan kendur secara bermakna dengan meningkatkan kandungan kolagen kulit sehingga memulihkan elastisitas. Selain itu, avokad juga sumber utama dari unsaponifiables, senyawa-senyawa yang mengurangi bintik penuaan dan menyembuhkan bekas luka. Selain dimakan, juga bisa dijadikan masker. Caranya: haluskan avokad. Oleskan ke wajah. Diamkan 5 menit. Bilas bersih. Lakukan 1 atau 2 kali seminggu.


(sumber : AURA – Hal 21 / Edisi 10 / TH.XI / Minggu ke-3 / 21 – 27 Maret 2007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar