Jumat, 13 Januari 2012

KIAT MENDAPATKAN KENAIKAN GAJI

    Anda bisa mendapatkan kenaikan gaji, pun di saat kelesuan ekonomi. Syaratnya adalah persiapan. Jika Anda menghadap bos dan minta kenaikan gaji dengan cara yang tepat, kemungkinan Anda akan mendapatkannya, jelas Joanne Watson dalam bukunya How to Help Your Husband Make More Money, So You Can Be a Stay at-Home Mom. Ahli komunikasi Don Gabor dalam bukunya Words That Win: What To Say To Get What You Want, menyarankan, saat minta kenaikan gaji, selesaikan dulu semua tugas penting sebelum menghadap bos. Berikut, saran para ahli tentang hal yang harus dilakukan.


Naikan nilai Anda
Cari pelatihan gratis atau pelatihan biaya murah yang bisa meningkatkan nilai Anda untuk perusahaan dan nilai earning power – daya penghasilan – Anda. Coba cari di internet atau universitas setempat.

Minta dilatih sebagai pengganti
    Atau sebagai backup untuk posisi lain. Posisikan diri Anda sebagai sumber daya, saran Gabor. Dapat mengisi posisi lain di saat darurat merupakan nilai besar dan aset penting yang bisa dikemukakan saat minta kenaikan gaji.

Siapkan ringkasan 1 halaman
    Buat ringkasan kontribusi Anda kepada perusahaan sebelum bertemu bos. Pastikan untuk memasukkan cara-cara yang Anda lakukan untuk menghemat biaya atau menghasilkan uang untuk perusahaan atau cara Anda meningkatkan efisiensi. Gunakan poin-poin dalam ringkasan ini sebagai panduan Anda dalam diskusi.

Latihan minta kenaikan gaji
    Jadikan pasangan atau teman Anda sebagai audience. Minta input mereka tentang cara meningkatkan atau memperbaiki presentasi Anda. Pastikan Anda menguasai semua materi sehingga Anda terkesan percaya diri dan pantas mendapatkan kenaikan gaji.

Temui supervisor
    Cari waktu yang paling menguntungkan. Perhatikan jadwal kerja atau rutinitas bos dan buat catatan, kapan dia punya paling banyak waktu untuk bicara. Lalu minta jadwal untuk bertemu pada waktu yang paling tepat untuk dia.

Jelaskan kepada bos Anda
    Semua aktivitas atau tugas yang sudah Anda kerjakan, yang melebihi deskripsi tugas Anda. Jelaskan juga, bagaimana Anda bisa membantunya lebih banyak lagi melebihi resmi tugas Anda.

Kreatif
Jika uang benar-benar sangat ketat di perusahaan Anda, coba lihat apakah mereka akan memberi Anda kenaikan gaji dalam bentuk tunjangan atau tingkatan kemampuan Anda untuk meningkatkan produktifitas, menjual lebih banyak produk atau membantu perusahaan Anda dalam cara-cara lainnya yang serupa.


(sumber : AURA – Hal 13 / Edisi 22 / TH.VIII / Minggu ke-3 / 17 – 23 Juni 2004)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar