Minggu, 04 Maret 2012

PERSIAPAN yang Harus Dilakukan Sebelum OPERASI MEDIK

    Menjalani operasi medic sering menimbulkan rasa takut dan cemas. Kabar baiknya, biasanya operasi berlangsung terlebih dulu. Dengan demikian, Anda atau orang tercinta yang akan dioperasi dapat membuat rencana sebelum masuk rumah sakit sehingga operasi berjalan lancar. Berikut, saran para ahli tentang persiapan yang harus dilakukan.
PILIH HARI TERBAIK
Riset menunjukkan, pasien akan mendapatkan perawatan terbaik pada hari Selasa, Rabu, atau Kamis, ketika staf perawat bekerja dengan kapasitas penuh.

MINTA WAKTU YANG PALING AMAN
Direktur Association of Perioperative Registered Nurses di Denver menyarankan minta operasi dilakukan pada pagi hari, ketika dokter ahli bedah dan perawat dalam kondisi paling segar.

PANGKAS STRES
Cemas atau takut dapat memicu kenaikan cortisol sampai 100%. Cortisol adalah hormon stres yang kuat, yang dapat memperlambat penyembuhan luka. Untuk pencegahan, sehari sebelum operasi, gunakan waktu paling sedikit 30 menit untuk benar-benar rileks. Dengan meditasi misalnya. Atau menulis jurnal atau tidur siang. Menjaga kadar cortisol tetap rendah dapat menurunkan risiko sakit pasca operasi dan komplikasi, memperpendek waktu perawatan di rumah sakit dan menurunkan risiko lambat sembuh sampai sebanyak 50%.

PATUHI ATURAN 2 MINGGU

Hentikan minum semua suplemen herbal (kecuali jika diresepkan dokter) 2 minggu sebelum operasi. Jamu atau herbs dapat berinteraksi dengan anestetik dan obat-obat lain yang digunakan selama operasi, menyebabkan pendarahan yang berlebihan, sulit bernapas, kerusakan liver dan komplikasi serius lainnya.

MENABUNG DARAH
Tabung darah sendiri sebanyak 1 atau 2 pint untuk jaga-jaga jika perlu transfusi darah selama operasi dapat menurunkan risiko yang sangat kecil ketularan penyakit infeksi sampai 0.

AJUKAN PERMINTAAN SEDERHANA
Setiap tahun, sekitar 2 juta orang mendapatkan penyakit infeksi di rumah sakit. Cara terpenting untuk mencegahnya adalah dengan meminta orang-orang untuk cici tangan sebelum menyentuh Anda. Riset menunjukkan, hanya sekitar 50% dokter dan perawat yang melakukan langkah pencegahan infeksi ini.

AGAR LEBIH CEPAT SEMBUH
Anda akan lebih cepat sembuh 25% jika berhenti merokok beberapa hari sebelum operasi. Bahkan berhenti merokok 24 jam sebelum operasi dapat mendatangkan perbedaan besar dalam pemulihan, begitu menurut instruktur  bedah klinis di Harvard Medical School.


(sumber : AURA – Hal 24 / Edisi 10 / TH.XI / Minggu ke-3 / 21 – 27 Maret 2007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar