Jumat, 13 Januari 2012

MAKANAN YANG HARUS DIHINDARI

    Jika makanan tertentu berkhasiat untuk kecantikan, yang lainnya justru merugikan sehingga harus dihindari. Terdiri dari:

MAKANAN GORENGAN
    Makanan gorengan yang digoreng mengandung lemak jenuh tinggi dan dapat menyebabkan radikal-radikal bebas bergerak di sekitar tubuh, merusak sel-sel sehingga mengakibatkan penuaan kulit.
Makanan yang harus dibatasi:

Daging dan sayuran yang di grill. Ganti dengan minyak sayur yang biasa dengan minyak yang kandungan lemak jenuhnya lebih rendah. Contohnya minyak zaitun.

GARAM
    Kita memerlukan garam untuk bertahan hidup. Tapi menurut Suzi, kita hanya perlu sekitar 6 gram sehari. Sebagian besar dari kita mengkonsumsi 2 kali lebih banyak. Terlalu banyak garam dapat menyebabkan kembung dan penimbunan cairan.
Solusi:
    Baca label, terutama pada makanan olahan. Label tidak selalu menyebutkan kandungan garam, tapi sering disebut sodium. Untuk mengetahui kandungan garam, kalikan sodium dengan 2,5.

GULA
    Sebagian besar orang senang gula, padahal tak ada manfaat apa pun untuk kulit. Selain menyebabkan gigi berlubang, menurut para ahli, gula juga dapat menyebabkan kerut dan kulit tampak kasar.
Makanan yang harus dihindari:
    Hindari makanan bergula seperti cake, permen, dan biskuit. Tidak menambahkan gula pada kopi, teh, dan serealia sarapan bisa membuat kenyang lebih lama.

KOPI
    Studi-studi menunjukkan, hanya minum 2 cangkir kopi sehari dapat meningkatkan lkadar hormon cortisol, salah satu hormon yang meningkat sejalan dengan usia yang bertambah. Kopi juga diuretik yang sangat keras sehingga membuat dehidrasi, kabar buruk jika Anda menginginkan kulit yang tampak awet muda.
Minuman pengganti:
    Lebih baik minum teh hijau karena kaya antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kecantikan. Jika tak bisa tanpa kopi, ganti dengan kopi jenis decaf.

ALKOHOL
    Alkohol adalah gula dan disimpan tubuh sebagai lemak. Karena itu, minum terlalu banyak merupakan bencana untuk kadar gula. Alkoho juga mengganggu tidur, kabar buruk jika Anda menginginkan khasiat perbaikan kulit yang berlangsung di malam hari.
Solusi:
    Minum hanya sesekali saja (tidak setiap malam) dan batasi hanya 1 sampai 2 gelas.

(sumber : AURA – Hal 21 / Edisi 10 / TH.XI / Minggu ke-3 / 21 – 27 Maret 2007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar