Jumat, 13 Januari 2012

DUDUK LAMA DI MEJA KERJA MENINGKATKAN RESIKO DVT

Pekerja call centers dan industri teknologi informasi paling beresiko
   
    Orang-orang yang menghabiskan waktu lama duduk di meja kerja beresiko lebih besar untuk penggumpalan darah yang kemungkinan membahayakan, disebut DVT (deep vein thrombosis) dibanding penumpang penerbangan panjang, begitu menurut hasil studi di Medical Research Institute di Wellington, Selandia Baru.

    Dalam studi, para ahli menganalisa kasus 62 orang yang dirawat di rumah sakit untuk DVT dan menemukan, 35% dari mereka adalah pekerja kantor yang menghabiskan waktu lama duduk di meja kerja. Penumpang penerbangan panjang hanya 21% dari pasien. Beberapa pekerja kantor dalam studi ini duduk di kursi komputer total selama 14 jam sehari dan melakukan stretch setiap 3 atau 4 jam tanpa beranjak dari kursi.
    DVT, pembentukan gumpalan darah di dalam pembuluh darah, paling umum terjadi di kaki. Gumpalan dapat melepaskan diri dan berjalan mengikuti aliran darah ke paru, jantung atau otak, menyebabkan masalah pernapasan, sakit dada, atau bahkan kematian akibat stroke atau serangan jantung.
    Studi menemukan, DVT paling umum di antara pekerja call centers dan industri teknologi informasi. Hasil studi diterbitkan dalam New Zealand Medical Journal dan akan dipresentasikan dalam konperensi tahunan Thoracic Society of Australia and New Zealand.

(sumber : AURA – Hal 9 / Edisi 10 / TH.XI / Minggu ke-3 / 21 – 27 Maret 2007)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar