Senin, 20 Februari 2012

MENGOPTIMALKAN KEKUATAN OTAK

    Otak memerlukan nutrisi dan kondisi tertentu agar bisa berfungsi secara optimal. Selain dengan mengkonsumsi makanan tertentu, kita juga bisa melakukan latihan untuk meningkatkan IQ. Berikut, makanan yang harus dimakan dan dihindari.
-    Hindari sarapan besar. Roti, muffin, bagel atau pastry menghambat sekat (barrier) otak.
-    Hindari makan besar saat makan siang. Makan besar membuat Anda lamban, merasa lelah dan mengantuk.
•    Jika lapar atau pusing, makan sedikit protein kurus seperti telur rebus matang atau telur ceplok rebus (poached), keju atau yogurt rendah lemak. Protein yang dimakan tersendiri (pada perut kosong) dapat meningkatkan neurotransmitters seperti dopamine dan acetylcholine.
•    Perbanyak makan buah dan sayuran mentah dan jusnya untuk membantu detoksifikasi dan memberi makan pada otak berupa nutrien-nutrien esensial dan antioksidan untuk melindungi otak dari serangan radikal-radikal bebas.
•    Makan ikan berminyak seperti salmon, tuna, swordfish atau sardin. Minyak ikan mengandung senyawa-senyawa asam lemak esensial Omega-3, DHA, dan EPA yang berperan penting dalam perkembangan otak, meningkatkan ingatan, kemampuan pembelajaran, dan kapasitas mental.
•    Flaxseed adalah sumber asam lemak omega-3 (EFA) yang baik yang lainnya. Sebagian besar orang masa kini kekurangan omega-3 dalam dietnya. Kekurangan atau ketidakseimbangan EFA diduga menyebabkan beberapa penyakit otak dan penuaan mental.
•    Minum suplemen EFA untuk memastikan otak mendapatkan nutrien ini.
•    Minum segelas wine di saat makan malam dapat membantu melindungi otak.
-    Hindari minum alkohol secara berlebihan. Alkohol yang berlebihan bersifat toksik dan diduga menghancurkan sel-sel otak.
•    Makan granule lecithin. Lecithin kedelai adalah sumber choline, inositol, dan phosphorus yang sangat penting untuk fungsi otak optimum.
-    Kurangi konsumsi gula. Hindari serelia manis, permen, cokelat batangan (bar) atau soda. Gula menyebabkan perubahan kadar gula darah yang menyebabkan insulin insensitivitas. Insulin insensitivitas diduga adalah penyebab utama suplai energi yang tidak efisien ke otak.
•    Suplementasi dengan multivitamin dan antioksidan agar otak dapat berfungsi optimal. Vitamin-vitamin seperti vitamin B memainkan peran penting sebagai katalis di dalam produksi neurotransmitter otak dan hormon esensial. Hanya kekurangan satu vitamin saja dapat mengganggu fungsi otak.
•    Minum ginkgo biloba (yang mempunyai kandungan standar 24% ginkgo flavon glycosides) untuk meningkatkan sirkulasi otak dan ingatan.
•    Panax gingseng di siang hari bekerja sebagai tonik dan diduga membantu meningkatkan aktivitas mental. Siberian gingseng diminum di malam hari. Gingsing ini diduga mempunyai efek yang menenangkan otak.
•    Makan karbohidrat di malam hari. Karbohidrat kompleks merilekskan pikiran sebelum Anda tertidur. Karbohidrat meningkatkan serotenine, suatu neurotransmitter protein otak yang bertanggungjawab untuk merasa sejahtera dan tenang.
•    Makan makanan kaya tryptophan sebelum tidur. Contohnya susu panas dengan madu atau pisang. Tryptophan adalah pembangun protein untuk serotenine dan hormon melatonin yang mengatur siklus tidur yang sehat. Melatonin diduga melindungi otak dari penyakit-penyakit usia menua. Bekerja sebagai antioksidan dan antikanker.
•    Pastikan untuk memberikan multimineral kepada tubuh. Mineral seperti kalsium dan magnesium memainkan peran penting dalam mengatur kapasitas mental optimum, perasaan yang tetap dan mencegah sakit kepala karena tegang (tension headaches). Mineral-mineral melindungi otak dari logam toksin seperti merkuri dan timah.
-    Hindari lemak-lemak tengik, lemak-lemak hydrogenated dan transfatty acids yang ditemukan di dalam margarin atau aditif minyak hydrogenated di dalam berbagai produk makanan. Lemak-lemak buruk mengganggu fungsi otak optimum dan dapat menyebabkan kerusakan otak.
•    Olahraga secara teratur dan terukur. Olahraga membantu Anda dengan meningkatkan sirkulasi, meredakan stres, dan membantu kinerja mental secara keseluruhan.
•    Untuk memberikan nutrisi yang baik pada otak, coba ikuti panduan buku The Warrior Diet untuk membantu kinerja mental mencapai puncaknya di siang hari dan relaksasi penuh di malam hari. Keterangan lebih lanjut bisa dilihat di www.dragondoor.com.

Latihan meningkatkan IQ
    Menurut Steven Gillman yang selama bertahun-tahun meneliti peningkatan otak, menyelesaikan masalah secara kreatif dan topik terkait kita dapat meningkatkan IQ dengan teknik dan latihan yang dirancangnya. Berikut, beberapa teknik yang dikemukakannya dalam situsnya www.increasebrainpower.com.

Pernapasan untuk meningkatkan IQ
    Salah satu cara yang paling efeksit dan paling mudah untuk meningkatkan fungsi otak dalam sekejap. Dengan bernapas dalam, kita rileks dan memasukkan lebih banyak oksigen ke dalam darah dan karena itu juga ke otak. Relaksasi terbukti dapat meningkatkan fungsi otak. Kadar oksigen rendah di dalam darah menunjukkan menurunkan fungsi otak.. karena kebanyakan dari kita terbiasa bernapas terlalu dangkal, pernapasan dalam merupakan cara cepat untuk meningkatkan IQ. Jika Anda bernapas dengan hidung, Anda berkemungkinan bernapas secara lebih dalam.
    Meditasi juga membantu, terutama karena aspek pernapasan dalamnya. Kondisi pikiran yang dicapai lewat meditasi memperhatikan napas menghasilkan relaksasi sejati dan kondusif memecahkan masalah secara kreatif. Caranya mudah. Pejamkan mata dan bernapas lewat hidung. Pertama-tama secara dalam dulu. Lalu dengan cara apa saja yang terasa nyaman bagi Anda. Jika muncul pikiran, segera singkirkan dulu dan kembalikan perhatian pada napas Anda. Lakukan paling sedikit selama beberapa menit.

Menggerakkan tubuh
Duduk tegak. Mulut dikatupkan. Postur yang baik mempengaruhi kondisi mental dan membantu kita berpikir secara lebih jelas. Coba lakukan eksperimen untuk membuktikan sendiri. Selesaikan soal matematika dalam pikiran. Pertama-tama dengan postur bungkuk dan mulut terbuka. Lalu sambil duduk tegak dengan kedua bibir dikatupkan rapat.
    Olahraga sedikit. Aktivitas fisik secukupnya untuk memompakan darah dapat membangunkan otak cukup untuk membantu Anda berpikir secata lebih baik. Jalan kaki tampak mendatangkan hasil terbaik, tapi setiap aktivitas aerobik dapat membantu meningkatkan IQ Anda.
    Dapatkan kecukupan tidur. Yang ini pasti Anda sudah tahu baik. Bukti menunjukkan, kualitas tidur juga sangat penting, bukan kuantitas saja.

Makanan yang dapat meningkatkan dan menurunkan IQ
    Konsumsi ginkgo biloba. Dalam bentuk kapsul atau teh. Ginkgo menunjukkan meningkatkan aliran darah ke otak, membantu ingatan dan konsentrasi. Seperti biasa, sebelum minum suplemen apa pun, konsultasikan terlebih dulu dengan dokter Anda.
    Minum kopi, Skor tes dalam ujian di sekolah sampai permainan catur menunjukkan, hasilnya menjadi lebih baik sesudah minum secangkir kopi atau minuman lain yang mengandung kafein. Memang efeknya sementara dan kafein punya efek negatif jika digunakan secara teratur untuk jangka panjang. Hindari gula. Mengkonsumsi karbohidrat sederhana apa saja dalam jumlah besar dapat membuat lelah sehingga sulit berpikir. Penyebabnya adalah insulin yang dipompakan ke dalam darah karena adanya gula. Jangan makan tepung putih, gula, kentang, dan karbohidrat sederhana lainnya sebelum rapat atau pertemuan penting.


(sumber : AURA – Hal 5 / Edisi 28 / TH. IX / Minggu ke-4 / 27 Juli – 2 Agustus 2005)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar